Jumat, Januari 27, 2023
BerandaTanggamusBupati Tanggamus Serahkan Bantuan Sosial Program Subsidi BBM

Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Sosial Program Subsidi BBM

(ProgresifNews.id) KOTA AGUNG—– Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Melounching Penyerahan Bantuan Sosial Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus Program Subsidi BBM untuk Supir Angdes (Angkutan Desa) dan Tukang Ojek. Acara berlangsung Di PT. kantor Post Kotaagung Kecamatan Kotaagung. Kamis (15/12/2022)

Hadir juga Inspektur, Kaban Bappelitbang Hendra Wijaya Mega, Kadis Perhubungan Herli Rahman, Para OPD terkait ,Kabag, Kepala KCP PT. Kantor Pos Kotaagung Ahmad Yani, Camat Kotaagung dan Uspika, para Lurah, dan Para Supir Angdes dan tukang ojek.

Dalam laporan Kadis Perhubungan Herli Rahman , mengatakan tujuan pemberian mengurangi beban pengeluaran bagi transportasi umum khususnya untuk angkutan desa dan objek di Kabupaten Tanggamus karena adanya kenaikan BBM dan terjadinya inflasi. Bantuan sosial tunai program subsidi BBM bagi angkutan desa dan tukang tukang ojek ini terseba disemua 20 Kecamatan yang ada di kabupaten Tanggamus.

Adapun data penerima dengan rincian sopir angkutan pedesaan data awal 144 jumlah usulan 139 hasil verifikasi berkas 138. Tukang ojek data awal 7045 jumlah usulan 5635 dan hasil verifikasi berkas 5025.

Kemudian anggaran bantuan sosial tunai program subsidi BBM bagi angkutan desa dan tukang ojek bersumber dari APBD perubahan Kabupaten Tanggamus. Dengan nilai bantuan yang diterima untuk masing-masing sopir angkutan adalah 100.000 x 3 bulan atau Rp 300.000, dan untuk tukang ojek rp 65.000 x 3 bulan atau Rp 195.000.

Selanjutnya, adapun waktu penyaluran bantuan sosial tunai program subsidi BBM bagi angkutan desa dan ojek periode bulan Oktober November dan Desember Tahun 2022 diberikan sekaligus pada bulan Desember 2022.

Dengan pihak penyaluran bantuan sosial tunai program subsidi BBM bagi angkutan desa dan tukang ojek adalah PT. Pos Indonesia (Persero) sesuai dengan perjanjian kerjasama (MOU) antara dinas perhubungan Kabupaten Tanggamus dengan PT. Pos Indonesia (Persero) nomor 400/940/27/2022 dan nomor 3918/KCU.BDL/JASKUG/1112.

Dan pembayaran akan dilakukan melalui layanan wesel pos oleh PT. Pos Indonesia (Persero) setelah penerima manfaat menandatangani surat pernyataan, Terangnya”.

Sementara Bupati Dewi Handajani, Menyampaikan sehubungan dengan adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, maka Pemerintah berupaya

mengendalikan inflasi sebagai dampak yang ditimbulkan akibat kenaikan BBM dengan mengeluarkan Permenkeu Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022, dan Surat Gubernur Lampung Tanggal 02 September 2022 perihal Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se Provinsi Lampung, yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib menganggarkan sebanyak 2% anggaran untuk penanganan dampak inflasi.

Selain itu , Pemkab Tanggamus telah menganggarkan sejumlah alokasi dana dampak implasi yang memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat dan penyesuaian bagi dampak kenaikan BBM. Dengan adanya program bansos BLT BBM ini, Pemda Tanggamus berupaya untuk mengendalikan inflasi daerah dengan memberikan dana stimulan untuk menjaga daya beli bagi Tukang Ojek dan Supir Angkutan Desa (Angdes), Imbuhnya.

Selanjutnya, kami berupaya untuk selalu hadir untuk masyarakat, melalui Kemenkeu bahwa semua harus bergerak berupaya bersama untuk masyarakat untuk meminimalisir dampak dari pada inflasi.

Bupati berpesan tolong manfaatkan bantuan ini sesuai peruntukannya, yang disalurkan melalui PT. Pos. Bantuan ini tidak diberikan secara tunai tetapi diberikan secara non tunai melalui PT Pos dan PT yang ada di Tanggamus, Harapnya.

Kemudian Bupati juga berpesan, niat kami Pemkab Tanggamus telah kami sampaikan dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya membantu masyarakat. Harapannya dengan segala pelaksanaan program dan kegiatan ini, maka kondisi perekonomian di Kabupaten Tanggamus secara umum tetap stabil,

tidak ada goncangan dan warga masyarakat dapat tetap hidup tenang, nyaman serta kondusif, Ujarnya”. (Halimi jaya)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini