Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaLampung UtaraKabupaten Lampung Utara 4 Besar Penghasil Ikan

Kabupaten Lampung Utara 4 Besar Penghasil Ikan

(ProgresifNews.id) KOTA BUMI—-Kabupaten Lampung Utara (Lampura), tercatat masuk dalam 4 besar penghasil ikan di Provinsi Lampung.

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Lampura, Sanny Lumi mengatakan bahwasanya produksi ikan Lampura masuk kategori sentra di Provinsi Lampung.

Bagaimana tidak, setiap kali panen hasilnya dapat mencapai lebih ratusan ribu ton setiap bulannya.

“Dari data ini, kita akan berupaya mendatangkan pengusaha dari luar yang mampu menampung hasil produksi ikan dengan hasil melimpah para petani ini,” ujarnya Selasa, 15 November 2022.

Pihaknya berharap kedepan akan menjadi inspirasi pengusaha guna meningkatkan hasil produksi maupun turunannya disana. Sebab, sebagai penghasil ikan masih membutuhkan dorongan.

Mudah-mudahan pengusaha-pengusaha diluar daerah tertarik dan mau menampung hasil produksi ikan karena Lampura masuk urutan nomor 4 penghasil ikan terbesar di Lampung,” terangnya.

Hal itu nampak di Kecamatan Abung Tinggi dan Tanjung Raja, para pengusaha dan petani ikandapat menghasilkan 600 ribu ton/panen yang saat ini masih kesulitan dalam hal pemasaran.

Kami masih kesulitan, dan pemerintah daerah berkomitmen untuk mencarikan solusinya. Itu tampak saat Wakil Bupati, Bapak Ardian Saputra berkunjung ke sentra ikan air tawar di dua kecamatan kemarin. Yaitu Tanjung Raja dan Abung Tinggi,” tambah seorang pengusaha disana, Azis.

Selain itu, menurutnya tak kalah penting ialah meningkatkan nilai ekonomi dari produk – produk dihasilkan masyarakat khususnya bergerak di sektor perikanan air tawar disana.

Seperti pengembangan produk turunan (UMKM), yang selama ini masih minim hingga dapat meningkatkan daya jual.

“Ini yang kita harapkan dapat dukungan pemerintah daerah, termasuk daya dukung dilapangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wabup Lampura, Ardian Saputra menjelaskan bahwasanya pemerintah daerah Kabupaten Lampura, berkomitmen untuk memfasilitasi aspirasi para petani ikan. Terutama masalah penjualan yang dinilai masih menjadi kendala di pasaran.

Tentunya ini kalau ditingkatkan dapat berdampak bagi perkonomian warga, dan secara luas untuk Lampura,” kata dia.

Kedepan, lanjut Wabub Ardian, Kabupaten Lampura akan fokus dalam pemasaran ikan luar daerah. Sebab, sentra perikanan air tawar di Kabupaten Lampura ini, telah “Go Nasional”.

Pemasaran sudah sampai luar Lampung. Atara lain Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Banten hingga Jakarta Pusat,” kata Ardian.

Sehingga, pemerintah daerah Kabupaten Lampura, akan mendukung petani pembudidaya ikan air tawar termaksud mengakomodir kebutuhan seperti pendampingan kelompok, pakan ikan, bibit unggul, sampai dengan infrastruktur Balai Benih Ikan (BBI) berada di Kabupaten Lampura ini.

Itu semua, guna untuk kesejahteraan masyarakat Lampura, khususnya petani pembudidaya ikan air tawar. Hal ini sesuai dengan visi pemerintah pusat, dalam perbaikan ekonomi paska pandemi covid – 19,” pungkasnya. (HQ)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini