Jumat, Januari 27, 2023
BerandaTanggamusPolres Tanggamus menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik

Polres Tanggamus menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik

(ProgresifNews.id) Tanggamus—Dalam upaya peningkatan kemampuan personelnya, Polres Tanggamus menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan publik di Aula Paramasatwika, Jumat, 4 Oktober 2022.

Kegiatan itu diisi pemateri dosen Institut Bakti Nusantara Bandar Lampung, Taufik, M.T.I dan Achmad Khumaidi, M.T.I iikuti sejumlah personel yang terlibat pelayanan baik pada satuan Polres, Polsek dan SPKT.

Kasi Humas Polres Tanggamus Iptu M. Yusuf mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan langkah Polres Tanggamus dalam rangka peningkatan kemampuan.

“Pelatihan ini dilakukan guna peningkatan kemampuan sehingga personel Polres Tanggamus menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P.

Sementara itu, M. Taufik selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan pelayanan, aparat kepolisian harus membiasakan 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Masyarakat itu melihat polisi malu dan rindu, dengan kebiasaan 5S, semoga masyarakat yg dilayani polisi bisa menjadi harmonis dan makin nyaman,” kata Taufik dalam pemaparannya pelatihan tersebut.

Sambungnya, masyarakat malu itu, karena masyarakat malas berurusan dengan polisi, tetapi rindu didekati polisi sebagai pengayom di tengah-tengah masyarakat.

“Tuntutan masyarakat terhadap polisi itu harus ramah dan nyaman. Mereka enggak mau tahu polisi itu ada masalah apa, yang penting, ketika meminta dilayani harus baik dengan senyuman, dan itulah masyarakat,” jelasnya.

Selain 5S, seorang polisi juga, harus memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik dan memahami psikologi masyarakat.

“Polisi itu harus memahami psikologi masyarakat, ada yang harus tegas, ada pula yang harus dihadapi dengan lemah lembut. Jika seorang polisi memahami karakter ini, saya yakin, ada interaksi yang ideal, dan polisi jadi pengayom masyarakat berjalan sebagaimana yang diinginkan,” tuturnya.

Pada pelatihan itu, juga dipaparkan pentingnya media sosial sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat yang disampaikan oleh Achmad Khumaidi, M.T.I. (Halimi jaya)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini