Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBandar LampungSiswa-Siswi SMPN 5 Bandar Lampung Ciptakan Biobriket dari Limbah Pertanian

Siswa-Siswi SMPN 5 Bandar Lampung Ciptakan Biobriket dari Limbah Pertanian

(ProgresifNews.id) Bandar Lampung—Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Bandar Lampung, berinovasi menciptakan Biobriket dari limbah pertanian dengan perekat menggunakan kulit pisang.

Kepala SMPN 5 Bandar Lampung, Elly Yanti, mengatakan ciptaan tersebut guna mengikuti lomba anugerah inovasi yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Lampung.

“Untuk kategori pelajar SMPN 5 satu-satunya jenjang pendidikan terendah dan bersaing dengan SMA dan SMK dari Bandar Lampung, Lampung Tengah dan Lampung Timur,” ujarnya, Rabu, 14 September 2022.

Bentuk inovasi itu dari segi energi baru dan terbarukan (EBT). Meski bahan baku briket tetap limbah pertanian, perekatnya menggunakan limbah pertanian dan tidak memakai sagu seperti briket pada umumnya.

“Bahan limbah pertanian ada banyak. Briketnya juga buat sendiri dari bonggol jagung dibakar, dihancurkan, dan diolah. Namun, pembuatan briket dengan kulit pisang menjadi hal baru karena biasanya ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Lampung, Hamartoni Ahadis, mengatakan kegiatan tahunan diharapkan dapat memicu ide dan gagasan, terutama generasi bangsa yang dapat berguna di dunia industri Lampung. (Hq)

 

 

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini