Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaDaerahBupati Tanggamus Menghadiri Kegiatan Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Sistem Bloflok

Bupati Tanggamus Menghadiri Kegiatan Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Sistem Bloflok

(ProgresifNews.id) Kota Agung Barat — Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Kegiatan Panen Perdana Budidaya Ikan Lele Sistem Bloflok Untuk Mewujudkan Program Ketahanan Pangan Pemerintah Pekon Belu Tahun Anggaran 2022, di Peko Belu Kecamatan Kotaagung Barat, Senin (12/09/22).

Kegitan di buka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dengan penen perdana Budidaya ikan Lele secara simbolis.

Turut Hadir, Staf Ahli Muhaimin, Kadis Pertanian Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewantoro, Kadis Perkebunan dan Perternakan Kabupaten Tanggamus Dhani Riza Apriansyah, Kepala SUPM Khaerudin HS, Camat Kotaagung Barat, Kepala UPT Puskesmas Negara Batin, Uspika Kecamatan, Kepala Pekon Se-Kecamatan Kotaagung Barat dan seluruh masyarakat pekon belu.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus mengatakan, Panen perdana ikan ini hendaknya jangan hanya sebatas seremoni saja, tetapi harus dikembangkan lagi dan bisa dilakukan berkesinambungan.

“Kalau panen ini bisa terus dilakukan secara berkesinambungan, tentu akan memotivasi masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan, bahkan ikut melakukan usaha” kata Bupati.

Bupati juga menambahkan, budidaya ikan, sekaligus membuat Makanan Olahan berbahan daging ikan lele. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

“Peluang usaha budidaya ikan air tawar, khususnya Lele, Nila atau Gurami diprediksi akan semakin cerah dan menjanjikan keuntungan yang bisa diandalkan. Semakin lama, tingkat konsumsi ikan di kalangan masyarakat semakin meningkat” Ujar Bupati.

Lanjut Bupati, Hal tersebut terbukti dengan adanya warung-warung makan, lesehan maupun restoran yang menyajikan menu masakan ikan terutama ikan air tawar.

“Saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Tanggamus terus mengalami kenaikkan. Apabila 10 tahun lalu tingkat konsumsi ikan di kabupaten Tanggamus hanya 25 kilogram/kapita/tahun. Sedangkan pada tahun ini sudah meningkat di atas 35 kilogram/kapita/tahun” Tandas Buapati.

Sementara itu, Pembimbing Budidaya ikan lele, yang juga Kepala SUPM Khaerudin HS, mengatakan, Budidaya ikan lele di Pekon Belu ini adalah bentuk kerja sama dari SUPM Negeri Kotaagung.

“Saya berharap dengan kerja sama dan pelatih budidaya ikan lele yang ada di pekon belu Kecamatan Kotaagung Barat ini bisa jadi percontohan bagi pekon pekon lain di Kecamatan Kotaagung Barat ” Ujar Khaerudin.

Sementara itu Kepala Pekon Belu Jonli mengatakan terimakasih yang setinggi tingginy kepada Bupati Tanggamus, karna sudah menyempatkan waktu untuk menghadiri Kegiatan penen perdana Budidaya Ikan lele di pekon Belu Kecamatan Kotaagung Barat.

“Saya harapkan kedepannya untuk masyarakat se-Kecamatan kotaagung Barat dan seluruh kepala pekon, bagaimana caranya kedepan bisa lebih maju lagi.” Harap Kakon.

Dalam Kegiatan tersebut bupati mencicipi bakso lele hasil olah aparatur pekon dan ibu ibu PKK pekon dan memberikan bantuan kepada kepala pekon belu serta melanjutkan kegiatan nya dengan mengunjungi warga sakit Sustinawati yang mendirita penyakit diabetes di pekon belu kecamatan kotaagung barat. (ADVETORIAL)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini