Jumat, Februari 3, 2023
BerandaLampung UtaraMelangkah untuk Kemajuan Daerah Lampung Utara

Melangkah untuk Kemajuan Daerah Lampung Utara

(PROGRESIF NEWS.ID) Lampung Utara, —–Kabupaten Lampung Utara yang berdiri Tanggal, 15 Juni 1946, dengan Dasar hukum UU No. 4 Drt tahun 1965 juncto UU No. 28 tahun 1959. Yang memiliki Luas
wilayah 2.725,63 km2, dengan kepadatan 636.908 atau 234/km2 (610/sq mi),
23 Kecamatan, 15 Kelurahan, dan 232 Desa.
Kondisi tersebut menjadikan Lampung Utara sebagai daerah yang memiliki panorama alam yang sangat indah, tidak heran jika daerah ini memiliki banyak spot foto cantik bernuansa alam.

Salah satunya yaitu Curup Indah Klawas, memiliki pesona alam yang berbeda. Susunan batunya yang hijau penuh lumut ditambah dengan aliran air yang deras membuat pengunjung berdecak kagum melihatnya.

Suku asli Lampung Utara adalah Abung Nyunyai ( Abung Sewo Migo ), Yang memiliki simbon Tugu Payan Emas.
Tidak hanya itu, Lampung Utara juga terkenal dengan hasil kebunnya. Seperti Bidang pertanian, terutama tanaman pangan dan hortikultura menjadi salah satu sektor unggulan dalam upaya mendukung keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Upaya pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Lampung Utara didukung ketersedian sejumlah sarana dan prasarana pendukung, diantaranya: adanya waduk dan saluran irigasi sebagai pendukung pengarian lahan pertanian. Tersedianya, kebutuhan pupuk, pestisidasi dan bibit tanaman serta proses distribusi pemasaran hasil pertanian.

Kabupaten Lampung Utara juga punya potensi besar dalam bidang peternakan. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lampung Utara, populasi ternak sapi dari hasil program kawin suntik mencapai lebih kurang 28.000 ekor.

Kabupaten Lampung Utara juga menyimpan potensi bidang pariwisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain di Provinsi Lampung. Sedikitnya ada 16 obyek wisata unggulan di kabupaten ini, terdiri dari: obyek wisata alam, religi dan budaya serta wisata buatan.

Obyek wisata alam di Kabupaten Lampung Utara, diantaranya: Air Terjun Curup Sukemi dan Air Terjun Curup Magopar di Kecamatan Tanjungraja, Air Terjun Ateng di Kecamatan Bukitkemuning. Air Terjun Curup Selampung dan Curup Gadung di Kecamatan Abung Barat, serta Air Terjun Curup Kelawas di Kecamatan Abung Tengah.

Untuk wisata  budaya dan religi, ada Makam Putri Panjang Rambut dan Syeikh Maulana Hasanudi di Kecamatan Muarasungkai, Makam Minak Semul Asem di Kecamatan Kotabumi Utara dan Makam Minak Triodeso di Kecamatan Abungtinggi serta Benteng Majapahit di Kecamatan Abungpekurun.

Obyek wisata buatan: Bendungan Wayrarem, Bendungan Waytebabeng, Wisata Taman Olah Seni dan Bendungan Tirta Sinta.

Seluruh proses prencanaan dan pelaskanaan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten setempat diarahkan untuk mencapai visi: Kabupaten Lampung Utara Aman, Maju, Sejahtera, Agamis dan Bermartabat.

Untuk mencapai visi tersebut, Pemkab Lampung Utara menetapkan delapan program prioritas meliputi:  bidang keamanan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, ekonomi, lingkungan hidup, Agama, dan tata kelola pemerintahan. (Red)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini