Jumat, Januari 27, 2023
BerandaUncategorized"Presiden Zelensky" Kehadiran Presiden Jokowi merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi...

“Presiden Zelensky” Kehadiran Presiden Jokowi merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina

(ProgresifNews.id) Nasional—- Presiden Joko Widodo (Jokowi), disibukkan dengan berbagai agenda kunjungan di Eropa. Namun kunjungan kenegaraan kali ini tampak istimewa. Selain menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-48 G7 di Jerman, keberangkatan Jokowi juga mengemban misi yang sangat strategis. Yakni perdamaian antara Ukraina-Rusia.

Misi ini begitu penting sebab perang antara Ukraina dan Rusia yang berlangsung sejak akhir Februari 2022 lalu faktanya telah berimplikasi luas terhadap berbagai tatanan dunia, wabilkhusus ekonomi. Kendati tidak menjadi bagian dari Group of Seven atau lebih dikenal dengan sebutan G7,  posisi Indonesia yang saat ini tengah mengemban amanah sebagai presidensi G20 membuat hadirnya Jokowi lebih bermakna. Di beberapa forum internasional seperti G20, Jokowi juga memanfaatkan betul sebagai sarana mengetuk kesadaran masyarakat internasional.

Indonesia sejatinya tengah berada pada posisi yang istimewa, Indonesia yang berpredikat sebagai partner country dari G7. pada KTT G20 di Roma, Italia pada tanggal 31 Oktober 2021, Jokowi pernah dengan lantang berani mengkritik pembahasan isu tentang perubahan iklim, G7 adalah komunitas negara-negara maju dan menyatakan dirinya terbuka. Negara tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada Prancis, Jerman, Italia dan Jepang. Sedang semua anggota G7 juga tergabung di G20.

Adanya hal itu Indonesia pun tak ingin menyia-nyiakan forum penting ini. Selain datang langsung ke Jerman untuk bersama-sama dengan negara G7 mencari solusi atas isu terkini seperti krisis pangan dan energi global, adanya hal itu Presiden Indonesi mengemban Misi mendorong perdamaian segera antara Ukraina dan Rusia.

Dalam kunjungan kenegaraan ke Ukrain pada Rabu, (29/6/2022). Jokowi langsung diterima oleh Pemimpin Negara ” Volodymyr Zelensky “, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi menyampaikan misi kedatangannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina. “Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi Meskipun masih sangat sulit dicapai, ‘Presiden tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Zelensky menyampaikan apresiasinya atas kehadiran Presiden Jokowi ke Ukraina.

Menurutnya, ini adalah kunjungan pemimpin negara Asia pertama ke Ukraina sejak invasi melanda Ukraina.

Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ungkap Zelensky.

(Eko Erlangga)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini