Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaNasionalAcara Ulang Tahun ke-73 Jaya Suprana

Acara Ulang Tahun ke-73 Jaya Suprana

(Progresifnews.id) Jakarta—-Pria multitalenta yang memiliki nama kecil Poa Kok Tjiang ini lahir di Denpasar, 27 Januari 1949. Putra dari Bapak Lambang Suprana dan Ibu LilySuprana, yang baru merayakan hari Ulang tahun ke- 73, kamis 27 Januari 2022, di Gedung Kesenian Pasar Baru Jakarta.

Dalam acara tersebut, Sambutan Soesilo Bambang Yudoyono yang melalui Pia Rekaman dikirim secara khusus oleh Mantan Presiden ke-5. Berikut pula tamu yang hadir dalam acara tersebut seperti Jendral Gatot Nurmantyo, Prof. Machfud MD, selaku Menko Polhukam, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. selaku Menteri Pariwisata, Eko Sriyanto Galgendu, selaku Penggagas Gerakaan Kebangkitan Kesadaran dan Pemahaman Spiritual Indonesia, hingga Kalangan Selebrity.

Jaya Suprana merupakan salah satu pengusaha, pembawa berita acara televisi, komposer dan pemain piano yang terkenal di Indonesia. Ia lahir di Denpasar, Bali dan diadopsi oleh pasangan suami istri Lambang dan Lily Suprana. Ia sebenarnya merupakan anak keturunan China namun ia dibesarkan di lingkungan keluarga Jawa. Ia menikah dengan Julia Suprana namun sampai saat mereka bercerai, mereka tidak memiliki anak biologis.

Ia sempat mengenyam studi di Musikhochschule Muenster dan Folkwang-Hochschule Essen di Jerman Barat dengan mengambil ilmu mayor musik. Usai studinya itu, ia mulai menciptakan musiknya sendiri. Di samping itu, setiap minggunya ia juga menjadi presenter di Jaya Suprana Show, sebuah acara televisi berbentuk talkshow.

Selain aktivitas musik dan seninya itu, ia juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Jamu Jago, sebuah perusahaan obat herbal terkenal di Indonesia. Sebelum menjadi Presiden Direktur, ia pun juga pernah menjabat sebagai Direktur Marketing di perusahaan yang sama. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan milik keluarganya sendiri. Oleh karena itu, Jaya Suprana pun juga menjadi ketua komisioner perusahaan yang berpusat di kota Semarang, Jawa Tengah itu.

Tidak berhenti di situ, ia juga mendirikan sebuah pencatatan rekor terkemuka di Indonesia yaitu Museum Rekor Indonesia (MURI) dan ia menjabat sebagai direkturnya. Selain jiwa bisnisnya yang kental, jiwa sosialnya pun patut diacungi jempol karena ia pun mendirikan sebuah panti asuhan yang dinamakan Panti Asuhan Rotary-Suprana.

Suprana berhak menggunakan gelar PhD bidang filosofi dan ilmu sosial yang ia dapatkan dari Pacific Western University.

Jenjang pendidikan
– PendidikanMusikhochschule Muenster dan
Folkwanghochschule Essen, Jerman.

Karir
– Pianis
– Komposer
– Penulis
– Kartunis
– Presenter
– Presiden Direktur di PT Jamu Jago
– Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI)

Penghargaan
– Freundeskreis des Konservatoriums Muenster, Jerman, dan dari Pangeran Bernhard, Belanda.
– Kebudayaan: Budaya Bhakti Upapradana
– Komputer, Best in Personal Computing Award 1995 dari Apple Macintosh Inc.
– The Best Executive Award 1998Prestasi perusahaan: Trade Leader’s Club, Madrid, dan Institut pour Selection de la Qualite, Belgia).
– Lingkungan hidup: Sahwali Award 1997.Kemanusiaan: Duta Kemanusiaan 1991-1992 Palang Merah Indonesia.
– Tokoh Humor Nasional 1996, pilihan pembaca majalah humor. (Tim)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini