Selasa, Januari 31, 2023
BerandaDaerahRevolusi Lampung Tengah Menuju Kabupaten Terbaik Se-Lampung

Revolusi Lampung Tengah Menuju Kabupaten Terbaik Se-Lampung

LAMPUNG TENGAH, BERJAYATV.id – Kabupaten Lampung Tengah merupakan kabupaten terluas di Provinsi Lampung dengan luas 4.546 km’ dan pada 2018 jumlah penduduknya sebesar 1.271.566 jiwa.

Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pemerintahan Musa Ahmad dan Ardito Wijaya dalam mewujudkan Lampung Tengah yang berjaya.

Untuk itu, dalam mempercepat pembangunan dan mengejar ketertinggalan dengan kabupaten/kota lainnya, pemerintah kabupaten Lampung Tengah mencanangkan Revolusi Lampung Tengah.

Revolusi tersebut, Bupati Musa Ahmad menfokuskan terhadap lima sektor yang telah tersusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lampung Tengah.

Lima sektor tersebut meliputi Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Pelayanan serta Pertanian Perkebunan dan Pertenakan.

Dalam paparannya, Bupati Musa Ahmad menekankan fokus pada lima sektor tersebut guna mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah menjadi Kabupaten terbaik se Provinsi Lampung pada tahun 2024 mendatang.

Walau belum genap setahun memimpin, Bupati Musa Ahmad dan Wakil Bupati Ardito Wijaya dirasa telah berhasil melakukan Revolusi pada lima sektor tersebut.

Sektor Pendidikan, pada tahun 2022 mendatang Kampus II Unila akan berada di Kabupaten Lampung Tengah.

Dengan keberadaan Kampus II Unila di Lampung Tengah, diharapkan akan mempermudah para generasi penerus untuk memperoleh pendidikan ditingkat yang lebih tinggi yang selama ini menjadi kendala karna keterbatasan biaya untuk berkuliah di luar daerah.

Sektor Kesehatan, Kabupaten Lampung Tengah cukup berhasil menanggulangi Pandemi Covid-19.

Dari membentuk satgas oksigen, satgas obat-obatan, satgas vaksin hingga membentuk pusat komando penanganan covid-19 yang terkoneksi langsung dengan 39 Puskesmas serta sejumlah rumah sakit daerah maupun swasta yang berada di Lampung Tengah.

Tak sampai disitu, Kabupaten Lampung Tengah menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Lampung yang mampu melakukan vaksinasi sebanyak 38.000 dosis dalam satu hari dan menargetkan sebelum akhir Desember angka vaksinasi di Lampung Tengah mencapai 100 persen.

Sektor Infrastruktur, sektor ini merupakan salah satu program prioritas Bupati Musa Ahmad dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung Tengah.

Pemerintahan Bupati Musa Ahmad dan Wakil Bupati Ardito Wijaya pada tahun ini berhasil mengukir sejarah dengan menyelesaikan ruas jalan Kalirejo-Sendang Agung, Sendang Agung- Pubian yang hampir 15 tahun kondisinya rusak parah, pada akhir tahun ini akan selesai dibangun dengan anggaran yang mencapai Rp. 88 Milyar.

Serta ruas jalan Bandarjaya-Sulusuban pada akhir tahun ini juga akan selesai dibangun dengan anggaran sebesar Rp. 66 Milyar.

Bupati Musa Ahmad juga telah melakukan koordinasi dengan Gubernur Arinal untuk membangun ruas jalan provinsi yang ada di Lampung Tengah dengan hasil pada tahun 2022 ruas jalan Kotagajah-Bandarsurabaya dan Bandarjaya-Bandarmataram akan selesai dibangun.

Sektor Pelayanan, luas wilayah yang cukup besar menjadi problem bagi masyarakat untuk melakukan pelayan administrasi yang berada dipusat pemerintah.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan yang maksimal, pemerintah kabupaten melaunching Program Bunga Kampung atau Bupati Nganto di Kampung.

Program ini cukup dirasa membantu masyarakat untuk melakukan pelayanan administrasi seperti membuat dokumen kependudukan, pembayaran pajak dan masih banyak lainnya.

Bunga Kampung ini merupakan salah satu program utama Bupati Musa Ahmad saat melakukan kampanye.

Bupati Musa Ahmad ingin merubah orientasi pelayan kepada masyarakat dengan Senin sampai Rabu mengantor di Kabupaten dan Kamis Jumat mengantor di Kampung.

Program ini merupakan revolusi besar untuk merubah sistem pelayanan yang selama ini dirasa kurang menyentuh masyarakat yang jangkauannya cukup jauh dari pusat pemerintahan.

Kemudian sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Bupati Musa Ahamd akan melakukan percepatan pengembangan pada sektor tersebut.

Bupati Musa Ahmad kedepan akan membentuk zonanisasi komoditi ditiap daerah untuk menjaga stabilitas harga jual hasil pertanian dan perkebunan agar tetap baik.

Pada bagian barat, wilayah Selagai Lingga, Sendang Agung, Pubian dan Kalirejo, Bupati Musa Ahamd akan menfokuskan untuk komoditi kakao.

Sedangkan wilayah timur, Bupati Musa Ahmad akan memfokuskan untuk komoditi seperti padi dan singkong.

Untuk menambah penghasilan daerah, Bupati Musa Ahmad juga akan mengintegrasikan hasil pertanian dan perkebunan dengan BUMK disetiap kampung. (sbr22)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini