Senin, Mei 29, 2023
BerandaBandar LampungTidak Punya Tabung Oksigen, Warga Bandar Lampung Bisa Pinjam secara Gratis, Ini...

Tidak Punya Tabung Oksigen, Warga Bandar Lampung Bisa Pinjam secara Gratis, Ini Syaratnya

Lampongonline.com, Bandar Lampung – Bagi warga Bandar Lampung yang tidak memiliki tabung oksigen dan tidak mampu membelinya, jangan bingung.

Kini, Pantau Covid Lampung yang merupakan gabungan dari masyarakat sipil dan aktivis di Lampung berkolaborasi dengan Sejutates.id, melakukan gerakan bantu warga dalam peminjaman tabung oksigen gratis, kepada pasien COVID-19 isolasi mandiri di Bandar Lampung.

Pantau Covid Lampung juga menerima bantuan dari siapa pun yang memiliki tabung oksigen di rumah masing-masing, untuk bisa dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan, dilansir dari IDNTimes pada Jumat (6/8/2021).

Sebagai upaya mengendalikan pandemik COVID-19, saat ini Pantau Covid Lampung menyediakan tabung oksigen siap pakai untuk dipinjamkan selama 5-7 hari bagi warga di Bandar Lampung.

Syaratnya, warga calon peminjam tabung oksigen harus menyiapkan materai Rp 10.000 dan KTP.

Warga calon peminjam juga harus mengisi formulir di bit.lypinjamoksi atau jika kurang paham bisa menghubungi +6281357170547 dan +6289631132777.

Bagi yang ingin meminjam tabung oksigen harus mengerti sepenuhnya petunjuk pemakaian perangkat oksigen yang dipinjam.

Kemudian, telah memeriksa dan menerima baik kondisi dan fungsi peralatan oksigen sebagaimana adanya.

Selain itu, peminjam bertanggung jawab penuh menjaga kondisi kelaikan pakai peralatan oksigen berikut dengan tabung dan perangkat pernafasannya.

Selanjutnya, peminjam wajib mengembalikan peralatan oksigen kepada Pantau Covid Lampung di lokasi asal pengambilan peralatan dalam kondisi yang sama, dengan kondisi saat awal peminjaman.

Jika terjadi kerusakan, peminjam bersedia mengganti biaya sepenuhnya, yang menyebabkan tabung tak dapat berfungsi seperti pada saat awal peminjaman

Kemudian, peminjam bertanggung jawab untuk menyediakan pengganti alat pernafasan yang diperlukan.

Lalu mengisi ulang oksigen bagi penderita penyakit COVID-19 dalam masa pemakaian untuk digunakan bagi pasien, atau setelah jangka waktu 7 hari dan peralatan dikembalikan kepada Pantau COVID Lampung.

Syarat selanjutnya, peminjam menyetujui Pantau Covid Lampung bekerjasama dengan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia.

Itu merupakan inisiatif kelompok masyarakat dan gerakan sosial bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan dengan memberi pinjaman perangkat oksigen.

Artinya, bukan pemberi jasa fasilitas kesehatan atau usaha apa pun. Pantau Covid Lampung tidak bertanggung jawab atas kondisi dan berfungsi tidaknya peralatan oksigen yang dipinjamkan.

Terlebih keberhasilan peralatan oksigen dalam menyelamatkan atau menyembuhkan pasien.

Peminjam juga harus meninggalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai jaminan.

Berdasarkan persyaratan tersebut, peminjam untuk diri sendiri maupun atas nama pasien, keluarganya atau pihak terkait, diminta membebaskan dan melepaskan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia dan wakil-wakil dan anggota anggotanya dari konsekuensi hukum apa pun, yang mungkin timbul dari peminjaman dan penggunaan perawatan oksigen ini.

Termasuk biaya kerugian, atau kehilangan serta akibat lain apa pun juga tanpa ada satu pun yang dikecualikan

Selain itu, Pantau Covid Lampung juga mengadakan donasi terbuka yang bisa ditransfer ke Bank Mandiri 114-05-85-88888-9 atas nama Perkumpulan Jaringan Perempuan Padmarini.

Warga bisa konfirmasi donasi ke nomor +62 813-6994-7931. Nantinya pihak Pantau Covid Lampung akan melaporkan penggunaan donasi secara berkala, sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban kepada publik. (*)

Foto: Ilustrasi/Istimewa

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini