Jumat, Februari 3, 2023
BerandaLampungZona Merah Covid-19 di Lampung Bertambah Jadi 13 Kabupaten-Kota, Ini Kata Kadiskes

Zona Merah Covid-19 di Lampung Bertambah Jadi 13 Kabupaten-Kota, Ini Kata Kadiskes

Lampongonline.com, Bandar Lampung — Dinas Kesehatan Lampung menyebutkan jika status zona merah Covid-19 di provinsi tersebut saat ini bertambah menjadi 13 kabupaten dan kota.

“Dari 15 kabupaten/kota di provinsi ini, sekarang ada 13 daerah yang memiliki zona merah, setelah ada enam daerah lagi yang statusnya berubah dari oranye ke merah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana, Selasa (3/8/2021).

Dijelaskan, enam tambahan zona merah penyebaran COVID-19 tersebut yaitu Kabupaten Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Utara.

Sebelumnya, di Lampung sudah ada tujuh daerah yang berstatus zona merah, yakni Kota Bandar Lampung, Metro, Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, dan Pringsewu.

“Sedangkan dua daerah yang berstatus zona oranye di Lampung yakni Waykanan dan Mesuji,” ungkap Reihana, dilansir Republika.

Ia mengatakan jika penentuan status zona merah penyebaran COVID-19 tersebut merupakan penilaian dari Gugus Tugas Pusat berdasarkan tiga kriteria, yakni epidemiologi, surveilans, dan pelayanan kesehatan.

Dengan bertambahnya zona merah di mana penyebaran COVID-19 tidak terkendali, Reihana meminta masyarakat untuk lebih ketat lagi menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitasnya.

Pemkot dan pemkab di Lampung harus menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai level di masing-masing daerah dengan serius, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

“PPKM mulai dari level RT, desa atau kelurahan seharusnya berjalan sesuai dengan inmendagri. Kalau ini berjalan insyaallah akan segera ada perbaikan,” ujar Reihana. (*)

Foto: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana (Istimewa)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini