Senin, Januari 30, 2023
BerandaHukumAnak Punk di Bandar Lampung Pembunuh Bobby Hanya Divonis Dua Tahun Penjara,...

Anak Punk di Bandar Lampung Pembunuh Bobby Hanya Divonis Dua Tahun Penjara, Ini Sebabnya

Lampongonline.com, Bandar Lampung – Dua dari empat anak punk pembunuh Bobby (31) di SPBU Way Dadi, Kota Bandar Lampung, MF (17) dan HES (13) divonis bersalah atas tindakan kriminal tersebut.

Dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjung Karang, Bandar Lampung, Senin (2/8/2021), MF divonis dua tahun dua bulan penjara.

Sedangkan HES dihukum berupa perawatan di Lembaga Sosial selama sembilan bulan.

Hal itu dikarenakan keduanya merupakan anak berhadapan dengan Hukum (ABH).

“Menjatuhkan pidana terhadap Anak I (MF) selama dua tahun dan dua bulan, di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Masgar Pesawaran. Sedangkan Anak II (HES) dengan tindakan berupa perawatan di LPKS (Lembaga Penjamin Kesejahteraan Sosial) Insan Berguna di Teluk Pandan Pesawaran selama sembilan bulan,” ujar Majelis Hakim, Hendro Wicaksono, saat membacakan amar putusan, Senin (2/8/2021).

Dalam persidangan Hendro menjelaskan terpidana bersaman rekan-rekan lainnya terbukti melanggar Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHP jo UU RI Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak.

“Keduanya terbukti melakukan penganiayaan dan pengeroyokan terhadap BA hingga korban meninggal dunia,” ujar Hendro, dilansir IDNTimes.

Berdasarkan vonis tersebut, hukuman yang diterima keduanya lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Merya Elfa.

Sebelumnya, Merya Elfa menuntut MF dengan hukuman tiga tahun pidana penjara dan HES dilakukan pembinaan perawatan di Lembaga Sosial selama satu tahun.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Bandar Lampung, Kompol Resky Maulana mengatakan, dua tersangka lainnya Albert Chandra (19) dan Rio Utomo (27), masih ditahan di Rutan Mako Polresta Bandar Lampung.

Menurutnya, berkas perkara kedua tersangka masih harus dilengkapi, sebelum akhirnya dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum.

“Kedua pelaku ini (Albert dan Rio) berbeda dengan dua pelaku lainnya, dikarenakan mereka sudah memasuki usia dewasa. Sampai, saat ini masih dalam proses (pelangkapan berkas),” jelas Resky. (*)

Foto: Para tersangka pembunuh BA di SPBU Way Dadi (IDN Times)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini