Jumat, Januari 27, 2023
BerandaHukumKasus Dugaan Pelanggaran Protokol Kesehatan, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo Dipolisikan

Kasus Dugaan Pelanggaran Protokol Kesehatan, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo Dipolisikan

Lampongonline.com, Lampung Timur — Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo dilaporkan ke polisi atas dugaan melakukan pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).

Laporan dilayangkan LSM Gerakan cinta (Genta) Lampung Timur ke polres setempat, Selasa (27/7/2021).

Ketua Umum LSM Genta, Fauzi Ahmad, mengatakan laporan yang dilayangkan tersebut berdasarkan pemberitaan beberapa media online, mengenai dugaan pelanggaran protokol kesehatan oleh Bupati Lampung Timur, saat menghadiri cara Aqiqah serta hasil penelusuran LSM Genta.

“Kita sudah melaporkan ke Polres Lampung Timur yang diterima oleh Kasium hari ini,” ujar Fauzi, dalam rilis yang diterima Lampongonline.com.

Dijelaskan, saat pelaporan disertakan juga beberapa barang bukti berupa print out bukti tayang media dan flash disc berisi video dan foto saat Dawam Rahardjo berada di lokasi acara Aqiqah, yang diduga melanggar protokol kesehatan.

LSM Genta berharap Polres Lampung Timur melakukan penyelidikan yang lebih mendalam, terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan  oleh bupati, sebagaimana yang telah dimuat beberapa media online tersebut.

“Kami berharap kepada Kapolres Lampung Timur dapat menegakkan supremasi hukum setegak-tegaknya, dengan mengacu pada UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, serta Maklumat Kapolri Mak/2/III/2020 yang terbit pada 19 Maret lalu,” kata Fauzi.

Solus populi suprema lex esto, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi, agar yang benar tetap dinyatakan benar, yang bersalah tetap dinyatakan bersalah,” tambahnya.

Menurut Fauzi, masyarakat menuntut keadilan tanpa pandang bulu.

“Sebagaimana fiat justitia ruat coelum atau fiat justitia pereat mundus. Let justice be done though the heaven should fall, yakni sekalipun esok langit akan runtuh, meski dunia akan musnah, atau walaupun harus mengorbankan kebaikan, keadilan harus tetap ditegakkan,” tegas Fauzi. (*)

Foto: Ketua LSM Genta, Fauzi Ahmad, saat melapor ke Polres Lampung Timur, Selasa (27/7/2021). (Istimewa)

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini