Jumat, Januari 27, 2023
BerandaProvinsiEmpat CJH Lampung Tarik Dana Pelunasan Haji, Tetap Diprioritaskan Pemberangkatan Tahun Berikutnya

Empat CJH Lampung Tarik Dana Pelunasan Haji, Tetap Diprioritaskan Pemberangkatan Tahun Berikutnya

Lampongonline.com, Bandar Lampung – Jumlah calon jamaah haji (CJH) asal Lampung yang gagal berangkat ke Arab Saudi tahun ini sebanyak 6.636 orang.

Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660 Tahun 2021 keberangkatan haji tahun ini dibatalkan akibat pandemik Covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Lampung, Ansori, mencatat hingga kini ada empat CJH yang sudah mengajukan penarikan dana pelunasan.

“Empat orang yang mengajukan penarikan dana haji ini satu dari Kota Bandar Lampung, tiga dari Kota Metro,” ujarnya, Sabtu (12/6/2021).

Dijelaskan, CJH yang sudah melunasi administrasi, bisa mengambil uang pelunasannya dan tetap menjadi prioritas pemberangkatan pada penyelenggaraan haji 2022.

“Namun yang dana pelunasannya tidak diambil, akan mendapat nilai manfaat dari hasil pengelolaan dana oleh BPKH,” kata Ansori, dilansir IDNTimes.

Terkait jumlah CJH yang akan menarik kembali dananya, Ansori tidak ingin berandai-andai.

“Namun berdasarkan pengalaman tahun lalu, ada 80 calon jamaah yang mengambil dana pelunasan,” ungkapnya.

Menurut Ansori, 80 calon jamaah itu seharusnya mendapat prioritas keberangkatan hani tahun ini, jika tidak dibatalkan.

“Mereka yang mengambil dana pelunasannya, tetap menjadi prioritas berangkat penyelenggaraan haji tahun berikutnya. Tapi bila dana setoran awalnya juga ditarik, berarti CJH tersebut dinyatakan mundur dan tidak masuk kuota lagi,” jelasnya.

Mekanisme pengambilan dana

Terkait mekanisme pengambilan dana pelunasan haji, CJH dapat mengajukannya ke Kemenag di kabupaten/kota masing-masing, dengan menyertakan beberapa persyaratan.

Di antaranya membawa lembar setoran BIPIH asli dari BPJS, buku rekening bank yang masih aktif atas nama jamaah, foto copy KTP asli dan nomor telpon yang bisa dihubungi.

“Setelah diprose, nanti dananya langsung masuk ke rekening masing-masing CJH,” jelas Ansori. (*)

FOTO: Ilustrasi/Istimewa

BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Terkini